Harry Marra Setujui PASI Turunkan Pemain Pelapis di SEA Games 2019

JawaPos.com – Pelatih timnas atletik Indonesia Harry Marra setuju dengan keputusan PASI untuk menurunkan pemain lapis kedua dan ketiga dalam SEA Games 2019. Menurut Harry, tidak semua event harus dibebankan kepada para atlet utama.

“Ini sekaligus bisa menjadi pengalaman bagi para atlet muda (bertanding di SEA Games 2019, Red),” kata Harry, Kamis (15/11).

Keputusan ini dinilai tepat karena selain SEA Games 2019 masih ada tiga kejuaraan penting lainnya yang akan diadakan di pertengahan hingga jelang akhir tahun, yakni Kejuaraan Dunia Estafet di Yokohama bulan Maret, Kejuaraan Dunia Atletik di Doha pada bulan September, dan Kejuaraan Asia di Doha pada bulan April. Sementara, SEA Games 2019 sendiri baru akan diselenggarakan pada akhir tahun.

Ketimbang harus kembali bersusah payah di SEA Games 2019, Harry menilai para atlet utama bisa fokus ke tiga kejuaraan yang ada untuk mengumpulkan poin Olimpiade Tokyo 2020.

“Indonesia memiliki kesempatan besar untuk memasukkan empat hingga enam orang ke Olimpiade, itu sangat banyak. Jadi tahun 2019 merupakan tahun untuk kerja keras,” jelasnya.

Setelah para atlet utama beristirahat dari tiga kejuaraan tersebut, Harry menuturkan, giliran para atlet pelapis yang turun di SEA Games 2019. “Harusnya akhir tahun itu sudah istirahat. Karenanya, para atlet muda bisa jadi backup para atlet utama di SEA Games 2019,” tukasnya.

(mat/JPC)