Juara Asian Games dan Juara Dunia, Erick Thohir Puji Eko Yuli

JawaPos.com – Tahun 2018 boleh dibilang merupakan tahunnya lifter putra Indonesia Eko Yuli Irawan. Usai menyabet medali emas Asian Games 2018, Eko kembali mendulang prestasi di Kejuaraan Dunia 2018 yang berlangsung di Ashgabat, Turkmenistan pada 1-10 November kemarin.

Untuk diketahui, Eko untuk pretama kalinya berhasil menjadi juara dunia di kelas 61 kg setelah membuat total angkatan 317 kg dari angkatan snatch dengan berat 143 kg dan clean & jerk 174 kg. Hasil ini bukan saja membuat Eko meraih gelar juara, tapi juga memecahkan rekor dunia baru di kelas 61 kg.

Prestasi Eko pun membuat Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 Erick Thohir berdecak kagum. Erick mengaku sangat kagum karena selain berhasil menjadi juara di dua event akbar, total angkatan Eko di Kejuaraan Dunia 2018 melebihi angkatannya di Asian Games 2018.

“Saya pribadi sungguh salut atas prestasi yang dihasilkan Eko. Jarang sekali seorang lifter bisa mencapai dua kali penampilan puncak dalam waktu berdekatan. Eko baru saja meraih medali emas di Asian Games, dan dalam jeda kurang lebih dua bulan, ia langsung bisa juara dunia SBOBET. Itupun dengan angkatan yang lebih baik ketimbang di Asian Games 2018,” puji Erick, Minggu (4/11).

Di Asian Games 2018 lalu, Eko meraih emas setelah membuat angkatan seberat 141 kg untuk snatch, dan 170 kg di clean & jerk. HAsil itu membuat Eko sukses mengangkat total 311 kg. Angkatan itu diciptakannya ketika ia bertanding di kelas 62 kg.

“Saya berharap, para lifter yang tengah berjuang di Ashgabat bisa terus mencetak prestasi, atau rangking tertinggi sehingga tiket Olimpiade makin banyak yang diraih,” tambah Erick yang juga merupakan Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI).